Resep Arsik Ikan Mujair Sederhana Khas Sumatera Utara. Sangat Mudah

 

Ikan yang direbus dengan campuran rempah-rempah tumbuhan atau yang dikenal dengan istilah ”arsik” ini berasal dari Sumatera Utara. Arsik biasanya menggunakan bahan dasar ikan mas atau ikan mujahir. Ikan yang direbus dengan bumbu harus dimasak sampai airnya hampir habis. Inilah alasannya nama masakan ini dikenal dengan istilah “arsik”.

Kata arsik berasalah dari bahasa batak, yang artinya kering ( airnya habis ). Untuk artikel ini admin akan mencoba memberikan resep arsik ikan mujair khas Sumatera Utara. Bumbu arsik ikan mujahir sangat seerhana, hampir semua bahannya bisa didapatkan di sekitaran rumah. Ikan mujair arsik sangat banyak diminati oleh suku batak di sumatera utara, ini dikarenakan bumbu arsik ikan mujair meresap kedalam daging ikan arsiknya.

Resep arsik ikan mujair ini sudah turun temurun sejak sejak dulu. Jika dulunya orang tua anda bisa masak arsik ikan mujair sudah pasti anda penah merasakan nikmatnya ikan mujair arsik. Berikut resep arsik ikan mujair dan cara masak arsik ikan mujair yang bisa bunda praktekkan dirumah.

Bahan Bahan Untuk Masak Arsik Ikan Mujair

Daftar bahan-bahan yang anda harus persiapkan untuk masak arsik ikan mujair :

  1. Siapkan ikan mujaer dibersihkan, potong 2 - 1/2 kg
  2. Siapkan kacang panjang - 15 batang
  3. Siapkan kecombrang - 1 batang
  4. Siapkan sereh - 3 batang
  5. Siapkan besar lengkuas - 1 bonggol
  6. Siapkan asam kandis - 3 keping
  7. Siapkan bumbu halus 
  8. Siapkan bawang merah - 10 butir
  9. Siapkan bawang putih - 8 siung
  10. Siapkan kunyit - 2 ruas
  11. Siapkan jahe - 2 ruas
  12. Siapkan lengkuas - 2 ruas
  13. Siapkan sereh - 1 batang
  14. Siapkan cabe merah keriting - 5
  15. Siapkan cabe rawit merah - 6
  16. Siapkan garam dan gula 
  17. Siapkan air jeruk nipis 

Arsik ikan mujair pada dasarnya adalah merebus ikan mujair dengan menggunakan beragam rempah dan bumbu. Bumbu yang dibutuhkan berupa asam cekala, bunga kecombrang, lokio (bawang Batak), kacang tanah, kemiri, kunyit, bawang putih dan bawang merah, cabai merah, jahe, asam gelugur, daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai dan andaliman serta garam. Resep Membuat Arsik Ikan mujair Khas Batak, yakni Ikan mujair yang dimasak dengan bumbu arsik merupakan makanan yang khas dari Sumatra Utara. banyak diantara anda yang mungkin belum pernah mencicipi makanan yang satu ini.

Tahapan Masak Arsik Ikan Mujair

langkah-langkah atau cara masak arsik ikan mujair dibawah ini.

Tata di dasar wajan yg telah dipotong, lengkuas yg telah dipotong tipis2, dan batang sereh yg telah digeprek. Tata ikan diatas bahan tersebut siram dengan bumbu halus. Tambahkan air sampai ikan terendam. Tambahkan asam kandis, kacang panjang dan air jeruk nipis. Masak dengan api sedang sampai air menyusut dan bumbu meresap sempurna..

Makanan ini memiliki ciri khas rasa asam manis pedas gurih yang sangat cocok disajikan sebagai menu makanan sehari-hari. Resep Ikan mujair Arsik Khas Batak adalah salah satu jenis ikan yang paling mudah diolah untuk dibikin apa saja, baik digoreng, direbus, dipepes ataupun dibakar. Ikan mujair memang memiliki ciri khas daging yang tebal dan empuk, inilah yang membuat banyak orang senang membuat inovasi masakan dengan ikan mujair.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Arsik ikan mujaer ini. Selamat mencoba dirumah.

Komentar